MENGENAL LEBIH DINI STRES PADA ANAK-ANAK



Contoh Kasus
1.    Seorang bayi wanita, 11 bulan, terletak dalam kereta dorong, tampak gelisah, tidak tenang dan cengeng, datang ke ruang praktek bersama ibunya dengan keluhan sering menangis atau cengeng sehingga ibu merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti ini. Keluhan ini sudah dirasakan ibu sekitar delapan bulan yang lalu.
Ketika pemeriksa mendekati kereta dorong dimana bayi tsb sedang menangis, pemeriksa secara perlahan mengulurkan tangan serta memainkan dan menangkap jari jemari yang mungil tampak ia sedikit tenang dan menyeloteh sambil menyeringai kecil. Begitu pemeriksa menarik jari tangannya terlihat perubahan pada wajah bayi tsb. lalu kembali menangis.
Kemudian pemeriksa menyarankan ibu untuk mengeluarkan si bayi dari kereta dorong lalu mengendongnya. Terlihat bayi agak tenang tapi hanya sebentar kemudian menangis terus walau sudah ditepok-tepok bokongnya. Kejadian itu terus berlanjut sehingga ibu tidak bisa konsultasi dengan pemeriksa maka ia minta ijin membawa si bayi keluar dan menitipkan pada anak sulung, seorang pria remaja yang tampak mengayominya.
Selama kurang lebih dua puluh menit wawancara dengan ibu, maka diketahui bahwa ibu sedang mengalami stress atau tekanan dari suami sehingga kurang/tidak berjalan komunikasi di antara mereka berdua. Kejadian tsb memberi dampak pada si bayi (Gangguan depresi pada bayi). 
  
2.    Seorang anak wanita, 7 tahun, berkaca mata, dengan rambut terurai sebahu, mengenakan baju berwarna kuning dengan garis-garis hitam pada ujung lengannya, dan memakai sepatu hitam dengan kaos kaki putih. Datang ke ruang pemeriksa bersama ibu dengan keluhan nilai pelajaran menurun, yang awalnya ia selalu menduduki peringkat pertama kini menjadi peringkat tujuh.
Ketika pemeriksa menanyakan identitas diri dan suasana di sekolah, ia dapat bercerita dengan lancar namun pada waktu menanyakan tentang suasana di rumah, ia tampak sedih, mata berkaca-kaca dan sekali-kali memandang ibunya kemudian terdiam tidak melanjutkan cerita. Melihat suasana seperti ini dengan tanggap pemeriksa meminta ibu untuk duduk di luar. Setelah ibu tidak berada disisinya, ia mulai menceritakan apa yang terjadi di dalam rumah, Ia menangis terisak-isak ingin bertemu ayahnya yang tinggal di kampung. Ia ingin berkumpul kembali bersama ibu dan kedua kakaknya seperti dulu lagi, masa-masa indah kebersamaan yang diinginkan anak tsb (Gangguan depresi pada anak)    
  
Pendahuluan
Dari kedua contoh kasus di atas maka diharapkan timbul pemahaman yang lebih mendalam terhadap berbagai faktor yang berpengaruh pada tumbuh dan kembang anak masing-masing berbeda. Pengetahuan tentang Kesehatan Jiwa serta tumbuh kembang anak telah berkembang begitu pesat dalam kurun waktu lebih dari dua dekade terakhir. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan ini maka diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan penatalaksanaan dini dalam usaha menciptakan dan memulihkan kondisi sesuai dengan perkembangan fisik dan kesehatan jiwa pada anak-anak.      
Hampir sebagian  keluarga atau setiap orang pernah mengalami stress atau masa krisis di dalam kehidupannya, bisa dalam bentuk bencana alam, kematian/kehilangan orang yang dicintai, perceraian/perpisahan, mengidap penyakit yang berkepanjangan, sosial ekonomi termasuk masalah keuangan, dsb
Tidak diragukan lagi banyak dari kita telah menyatakan keinginan untuk kembali ke masa kecil kita - waktu yang kurang melelahkan ketika kita tidak harus bekerja, membayar tagihan atau melakukan banyak tanggung jawab lain sebagai orang dewasa yang dewasa.
Tetapi kita lupa bahwa masa kanak-kanak bisa menjadi stres. Bahkan, anak-anak sering menderita dalam kesunyian, bahwa anak-anak berjuang dengan tingkat stres yang sedang hingga ekstrem. Mereka mungkin ditekankan tentang segala hal mulai dari kinerja akademis mereka hingga hubungan dengan teman sebaya mereka serta dengan keuangan keluarga mereka
  
Apa yang dimaksud dengan stres?
Stres seringkali membuat seseorang mengalami ketegangan. Dimana hal tsb bisa diperberat dengan adanya pencetus seperti tuntutan sekolah/pekerjaan, kemacetan lalu lintas, kesulitan berkomunikasi atau bersosialisasi, ketidak harmonisan atau perceraian orang tua/antar saudara dsb.
Stres kronis memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan dan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Stres juga dapat memicu perilaku negatif, yang mengarah pada konsekuensi berbahaya bagi anak-anak dan remaja

Definisi stress

Penting untuk dimengerti bahwa stres adalah suatu respon yang timbul di dalam tubuh kita, bukan suatu penyebab. Beberapa orang berespon terhadap tuntutan dari luar dengan baik dan mengalami dampak sedikit atau tidak merugikan sama sekali.
Sedangkan ada beberapa orang lain memiliki ambang stres rendah yang berarti bahwa walaupun ada sedikit pencetus tapi sudah memberi respon serta gejala-gejala yang tidak menyenangkan.
Individu seperti ini mempunyai respon terhadap stress yang berarti mengalami keunikan.
  
Anak-anak dan Stres.
Manifestasi stres itu berbeda pada masing-masing orang, dan setiap anak mempunyai kombinasi gejala-gejala yang unik. Ada beberapa anak beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan mudah terhadap aturan-aturan di sekolah dan persainganpersaingan yang ketat baik yang ada di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Sedang pada beberapa anak ada yang mengundurkan diri atau enggan masuk sekolah karena mengalami kegagalan dalam tes, sering pindah rumah, tidak dilibatkan dalam satu tim, sering bertengkar dengan teman sebaya dsb.
Bila anak-anak sejak usia dini sudah dapat beradaptasi dengan baik terhadap stres yang sering hadir dalam dirinya maka ia akan membentuk mekanisme pertahanan yang bagus dan kuat sehingga bila suatu saat ia mengalami stres seperti ini lagi maka ia tidak akan jatuh secara mental.     
Saat kini banyak anak-anak memperlihatkan pola stress seperti orang dewasa, yang berhubungan dengan penyakit, distress serta ketidakmampuan mengatasi masalah-masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal ini mengagetkan para orang tua kalau stres pada anak-anak bisa tumbuh menjadi pokok persoalan.
Seorang anak mungkin belum mampu mengetahui apa yang dialami dan keluhan-keluhan yang seringkali dideritanya bahkan menimbulkan sakit, perilaku buruk atau bahkan masalah emosional Juga, perhatikan setiap perubahan pada anak Anda, bahwa stres mungkin tidak kentara. Misalnya, seorang anak yang biasanya tidur nyenyak sekarang mungkin terbangun di tengah malam.

Identifikasi tanda-tanda stres pada anak-anak dan remaja Anda
Anak-anak, seperti orang dewasa, juga bias mengalami stres. Itu bisa datang dari berbagai sumber termasuk berprestasi di sekolah, menjalin pertemanan, atau mengelola harapan yang dirasakan dari orang tua, guru, atau pelatih mereka. Beberapa stres dapat menjadi positif karena memberikan energi untuk menghadapi ujian besar, presentasi atau acara olahraga. Namun, terlalu banyak stres dapat menciptakan kesulitan dan tantangan yang tidak perlu. Orang tua terkadang tidak menyadari ketika anak-anaknya atau remaja mereka mengalami perasaan stres yang luar biasa. Menyesuaikan dengan isyarat emosional atau perilaku adalah penting dalam mengidentifikasi masalah potensial dengan bekerja bersama anak Anda untuk memberikan bimbingan dan dukungan agar berhasil bekerja melalui masa-masa sulit.

Perhatikan perubahan perilaku negatif
Remaja dari segala usia, tetapi terutama anak-anak yang lebih muda, mungkin merasa sulit untuk mengenali dan mengucapkannya ketika mereka mengalami stres. Bagi anak-anak, stres dapat memanifestasikan dirinya melalui perubahan perilaku. Perubahan umum dapat mencakup bertindak mudah tersinggung atau murung, menarik diri dari kegiatan yang digunakan untuk memberi mereka kesenangan, secara rutin mengungkapkan kekhawatiran, mengeluh lebih dari biasanya tentang sekolah, menangis, menampilkan reaksi ketakutan yang mengejutkan, berpegang teguh pada orangtua atau guru, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit , atau makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
Pada anak usia remaja, sementara menghabiskan lebih banyak waktu dengan dan memercayai teman sebaya adalah bagian normal dari tumbuh dewasa, secara signifikan menghindari orang tua, meninggalkan persahabatan lama untuk menjalin dengan satu kelompok teman sebaya baru atau mengekspresikan permusuhan berlebihan terhadap anggota keluarga, dapat mengindikasikan bahwa remaja tersebut mengalami stres yang signifikan. Sementara perilaku negatif tidak selalu dikaitkan dengan stres berlebihan, perubahan negatif dalam perilaku hampir selalu merupakan indikasi yang jelas bahwa ada sesuatu yang salah. Orang tua harus  memperhatikan perilaku ini dan menentukan respons atau intervensi yang sesuai.
Stres juga dapat muncul dalam gejala fisik seperti sakit perut dan sakit kepala. Jika seorang anak melakukan perjalanan yang berlebihan ke perawat sekolah atau mengeluh sering sakit perut atau sakit kepala (ketika mereka diberikan tagihan kesehatan yang bersih oleh dokter mereka), atau jika keluhan ini meningkat dalam situasi tertentu (misalnya, sebelum ujian besar) yang anak mungkin mengalami stres yang signifikan.
Kadang-kadang seorang anak atau remaja mungkin tampak seperti dirinya yang biasa di rumah tetapi bersikap tidak biasa di lingkungan lain. Penting bagi orang tua untuk berjejaring satu sama lain sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana keadaan anak-anak atau remaja di dunia sekitar mereka. Selain berkomunikasi dengan orang tua lain, berhubungan dengan guru, administrator sekolah, dan pemimpin kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu orang tua memanfaatkan pemikiran, perasaan, dan perilaku anak atau remaja mereka, dan waspadai setiap sumber kekhawatiran.
Penyebab stress pada anak-anak pada umumnya disebabkan karena:
  1. Kurang mendapat kebahagiaan
  2. tidak sesuai harapan orang tua
  3. orang tua yang hidup dibawah tekanan
  4. hubungan yang terlalu singkat dengan orang tua
  5. orang tua memberikan barang-barang mahal sebagai penganti kasih sayang
  6. orang tua yang mengalami kekecewaan didalam hidupnya
  7. Adanya tekanan semasa kanak-kanak dan remaja karena : 
·       faktor pendidikan
·       memasuki anak sekolah terlalu dini
·       terdapatnya standar prestasi
·       pekerjaan rumah
·       tekanan di masyarakat/lingkungan sekitar
·       terlalu cepat dewasa/’matang’
·       kegiatan di waktu luang
·       keluarga berantakan
·       adanya kekerasan


Pengaruh stres pada anak-anak dan remaja dapat memberi dampak terhadap:
  1. emosi
  2. fisik seperti,
·       kadar gula darah naik
·       asma
·       nyeri kepala
·       keluhan di saluran makan
·       alergi
·       masalah menstruasi
·       gangguan makan
·       ketergantungan/penyalahgunaan zat
·       depresi
·       bunuh diri
  
Bagaimana cara mengatasi berbagai masalah tersebut dan siapa yang ikut berperan?

  • Sadari bagaimana anak atau remaja Anda berinteraksi dengan orang lain
Kadang-kadang seorang anak atau remaja mungkin tampak seperti dirinya yang biasa di rumah tetapi bersikap tidak biasa di lingkungan lain. Penting bagi orang tua untuk berjejaring satu sama lain sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana keadaan anak-anak atau remaja di dunia sekitar mereka. Selain berkomunikasi dengan orang tua lain, berhubungan dengan guru-guru di sekolah, dan pemimpin kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu orang tua memanfaatkan pemikiran, perasaan, dan perilaku anak atau remaja mereka, dan mewaspadai setiap sumber kekhawatiran.


  • Dengarkan dan terjemahkan
Karena anak-anak sering tidak akrab dengan kata stres dan artinya, mereka mungkin mengekspresikan perasaan tertekan melalui kata-kata lain seperti "khawatir," "bingung," "kesal" dan "marah." Anak-anak dan remaja juga dapat mengungkapkan perasaan stres dengan mengatakan hal-hal negatif tentang diri mereka sendiri, orang lain, atau dunia di sekitar mereka (mis. "Tidak ada yang menyukaiku," "Aku bodoh," "Tidak ada yang menyenangkan."). Penting bagi orang tua untuk mendengarkan kata-kata dan pernyataan ini dan mencoba mencari tahu mengapa anak atau remaja Anda mengatakannya dan apakah mereka menunjukkan sumber atau sumber stres.

   
  •  Mencari dukungan

Orang tua, anak-anak dan remaja tidak perlu mengatasi sendiri stres yang luar biasa. Jika orang tua khawatir bahwa anak atau remaja mengalami gejala stres yang signifikan secara teratur, termasuk, tetapi tidak terbatas pada yang dijelaskan di atas, dapat membantu untuk bekerja dengan profesional kesehatan mental berlisensi, seperti psikiater. Psikiater memiliki pelatihan khusus untuk membantu orang mengidentifikasi masalah dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengatasi perasaan stres yang luar biasa


Bagaimana Orang Tua Dapat Membantu

Berbagai cara untuk memberdayakan anak-anak Anda untuk mengatasi stres secara efektif, yaitu:
  • Menormalkan stres. Biarkan anak Anda tahu bahwa stres adalah bagian normal dari kehidupan dan semua orang mengatasinya.
  • Ingat bahwa stres itu tidak selalu sama dialami oleh seseorang. Dengan kata lain, "Apa yang mungkin membuat stres satu anak mungkin tidak membuat stres pada yang lain".
  • Diskusikan cara sehat mengatasi stres. Aktivitas fisik, strategi relaksasi, dan teknik pernapasan semuanya merupakan cara yang sehat untuk mengatasi stres, selain juga pentingnya perhatian, dan cara-cara yang tidak menghakimi.
  • Gunakan strategi yang efektif sendiri. “Orang tua yang berkomitmen pada praktik efektif dalam kehidupan mereka sendiri dapat menjadi contoh cara yang sesuai untuk anak-anak mereka dan secara aktif mengajar anak-anak mereka keterampilan hidup yang berharga.
  • Batasi waktu layar. Perangkat yang dimiliki anak-anak saat ini tersedia untuk mereka - seringkali tanpa pengawasan orang tua atau orang dewasa - membuat mereka terpapar pada berbagai jenis informasi yang berpotensi menyusahkan. Dengan memperhatioan bahwa kegiatan seperti menonton TV, permainan video, permainan komputer, media sosial, penggunaan ponsel (SMS dan chatting) dan film telah meningkat selama beberapa dekade terakhir. 

Kesimpulan
Dengan membentuk keseimbangan kehidupan anak baik meningkatkan kesehatan jasmani maupun rohani, membantu anak-anak Anda mengelola bahkan penyebab stres terkecil, itu berarti Anda bekali mereka dengan alat kehidupan yang penting.
Belajar mengelola stres sehari-hari secara efektif dengan cara yang sehat memberikan fondasi yang kuat untuk membantu kita menavigasi perairan berombak dari berbagai peristiwa besar dalam kehidupan yang penuh tekanan
  • mempersenjatai membangun rasa percaya diri dan harga diri
  • menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan bahagia
  • membikin suasana santai
  • menghadapi sesuatu hal secara positif

Dari pembahasan di atas kita dapat melihat bahwa perkembangan dan permasalahan anak dan remaja sangat memerlukan pendekatan yang terpadu dan menyeluruh dari barbagai profesi yang terkait.



Meudiraf Consulting dapat membantu untuk mendeteksi dini dan memberi intervensi dini secara adekuat dan tepat waktu, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal dan dapat mengurangi dampak negatif pada perkembangan selanjutnya.






Meudiraf Consulting
dr. Tjut Meura Salma Oebit, SpKJ
IG: meudiraf_consulting
Email: tmeura.edi@gmail.com



Mobile: +62 821 2251 4084

Komentar